Rabu, 27 Mei 2009

Siapkan Dana Rp 3 – 5 Juta untuk Pendaftaran Sekolah Negeri

Rabu, 27 Mei 2009
By admin
18 Mei 2009
Berbeda dengan Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMA yang sudah menetapkan biaya, di tingkat SMP dan SD belum ada rancangan biaya untuk SBI. Hanya saja jika mengaca pada tahun lalu, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SD Negeri biaya masuk mencapai Rp 5 Juta.
SMPN berstatus RSBI rata-rata biaya masuk dikenakan sebesar Rp 3 -5 Juta. Sementara di SMA RSBI sumbangan rata-rata Rp 5 Juta.
Menurut Kepala SMPN 1 Malang, Drs Burhanudin M.Pd, pihaknya belum berani menetapkan besaran biaya tahun ini. “Belum ada pembahasan mengenai biaya, kami masih menunggu kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik),” ungkapnya.
Secara umum, kata dia, pendaftaran siswa RSBI SMPN 1 masih sama dengan tahun lalu. Pendaftarannya direncanakan dibuka pada minggu keempat Juni. Sedangkan persyaratan umum seleksi kelas RSBI meliputi tes IQ, memiliki kompetensi di lima mata pelajaran, yaitu Matematika, IPA, Bahasa Inggris, IPS dan Bahasa Indonesia.
Selain itu, ada seleksi keterampilan komputer dan wawancara Bahasa Inggris. Untuk seleksi di SMP RSBI nilai Ujian Akhir Berstandar Nasional tidak menjadi patokan. Namun lebih mengutamakan nilai rapor kelas 4 hingga kelas 6. Sedangkan seleksi SMA RSBI NUN minimal yang bisa mendaftar yaitu 32,00, serta ada tes psikologi, tes akademik dan wawancara.
Sementara itu Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Drs Sugiharto M.Pd menegaskan belum ada kepastian soal pendaftaran RSBI. Apakah tahun ini pendaftarannya gratis atau tidak belum ada kepastian. “Tahun lalu Kota Malang menggratiskan semua pendaftaran siswa baru termasuk RSBI, untuk tahun ini kami belum bisa memastikannya,” tegasnya.
Sugiharto menambahkan untuk tingkatan SMP tahun ini SMPN 3 Malang sudah memastikan diri membuka kelas RSBI. Sebelumnya status nya baru Sekolah Standar Nasional (SSN) plus. Di tingkatan SMA jumlah sekolah RSBI semakin banyak.
Kalau sebelumnya hanya SMAN 1, 3 , 5 dan 10 tahun ini ditambah SMAN 2 dan SMAN 8. disamping SMAK St Albertus yang juga sudah RSBI. Bertambahnya jumlah sekolah berstatus RSBI ini diharapkan bisa melayani kebutuhan masyarakat akan pendidikan berkualitas yang bertaraf internasional. (oci/eno/malangpost)
Keywords: biaya pendidikan, pendaftaran SD, pendaftaran sekolah, pendaftaran smp, pendaftaran-sma, RSBI, SBPP, sekolah gratis, ssn, SSN Plus

0 komentar:

Posting Komentar

 
Young Leader ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates